Halaman

Senin, 07 Februari 2011

Membuat Karya Tulis Ilmiah yang Baik dan Benar

Dalam rangka menyambut Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) yang akan diselenggarakan Mei mendatang, Senat Mahasiswa Universitas (SMU) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menyelenggarakan Workshop bertajuk “Membuat Karya Tulis Ilmiah yang Baik dan Benar”, Senin pagi (7/2). Kegiatan yang berlangsung di Balairung Universitas ini, diikuti lebih dari 35 mahasiswa yang terdiri dari perwakilan fakultas, lembaga pers mahasiswa Scientiarum dan Lembaga Kemahasiswaan Universitas.

Hadir sebagai pembicara dalam workshop ini adalah Ir. Arianti Ina R. Hunga, M.Si dari Pusat Penelitian dan Studi Gender yang menyampaikan pembuatan karya tulis dari ilmu sosial, dan Yohanes Martono, S.Si, M.Sc dari Fakultas Sains & Matematika (FSM) yang menyampaikan materi pembuatan karya tulis dari ilmu science.

Pembantu Rektor IV, Dra. Martha Nandari S. Handoko, M.A, berkesempatan membuka langsung acara tersebut. “Workshop ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, tidak hanya berkaitan dengan skripsi saja, namun nantinya untuk karier di dunia kerja masih juga dibutuhkan untuk kegiatan penelitian perusahaan”, ungkap Martha dalam sambutannya.

Pada workshop pertama ini, peserta dibekali materi karya tulis yang baik dan benar. Sejumlah materi yang dipaparkan adalah prinsip penulisan karya tulis yang benar, menggunakan bahasa ilmiah yang baik, memilih topik penelitian, dan pentingnya data empirik dalam penelitian.

“Penelitian sosial akan lebih memunculkan pendekatan-pendekatan atau interaksi lain. Cara berfikirnya akan berbeda dengan penelitian science”, ungkap Ina Hunga dalam pemaparan materi tentang karya tulis ilmu sosial. Tidak jauh berbeda dengan materi sebelumnya, Yohanes Martono memberikan materi penulisan karya tulis ilmiah dari sisi science dengan tema ”Be Creative”.

Selain menambahkan materi mengenai sistematika penulisan proposal pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Yohanes Martono juga mengajak peserta untuk ikut serta menyumbangkan karya-karya ilmiahnya di tahun ini sehingga jumlah karya ilmiah mahasiswa semakin bertambah.

Monev

Hingga berita ini diturunkan, kegiatan workshop tahap pertama masih berlangsung. Di akhir sesi, peserta diberi pelatihan membuat proposal karya tulis ilmiah. Selepas workshop tahap pertama ini, peserta diberikan kesempatan untuk membuat karya tulis ilmiah. Kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) bagi karya tulis yang dihasilkan akan diselenggarakan pada 28 Maret mendatang.

Selain merupakan rangkain kegiatan PIM, workshop ini merupakan program Bidang II SMU yakni bidang Professional Skill. Workshop ini diadakan selain untuk meningkatkan minat mahasiswa terhadap penelitian, juga untuk menyamakan persepsi sistematika penulisan karya ilmiah di USKW.

“Saya berharap, peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari workshop ini, dan memberikan ilmu yang didapat untuk fakukultas masing-masing”, ujar Jilly Sompie ketua panitia kegiatan ini.

Tidak ada komentar: