Halaman

Sabtu, 06 Maret 2010

Sistem Pendidikan Belenggu Anak Kreatif

Senat Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana (FKIP-UKSW) menyelenggarakan Seminar Nasional Sistem Pendidikan Belenggu Anak Kreatif di Balairung Universitas, Kamis (4/3).

Hadir sebagai pembicara Diana Kartika Kusumawati, SP., M.Pd dari Sanggar Kegiatan Belajar Kota Semarang, PDM. Hengky Kusworo dari Yayasan Sekolah Kristen Terang Bangsa Semarang dan Bahrudin dari Sekolah Menengah pertama (SMP) Alternatif Qaryah Tayyibah Kalibening Salatiga.

Reformasi Penghambat Sistem Pendidikan Anak Usia Dini Kreatif adalah materi yang disampaikan oleh Diana Kartika. Sedangkan Hengky Kusworo berbagi pengalamannya merintis Sekolah Kristen Terang Bangsa yang terdiri dari Play Group, Sekolah Dasar (SD), SMP, Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Bahrudin berkesempatan berbagi pengalamannya dalam mengelola sekolah yang menggunakan konsep dasar pendidikan komunitas itu. Dalam konsep ini, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) diganti dengan belajar bersama dengan guru sebagai teman belajar bagi siswa.

Pemukulan gong oleh Dekan FKIP UKSW Prof. Drs. JT. Lobby Loekmono, Ph.D menjadi penanda resmi dibukanya seminar yang diikuti lebih dari 400 orang yang didominasi mahasiswa FKIP UKSW. Selain itu mahasiswa dari fakultas lain, perwakilan guru SD serta masyarakat umum juga ikut menghadiri seminar tersebut.

Tidak ada komentar: