Halaman

Rabu, 16 Desember 2009

Seminar Nasional MBS PGSD

Himpunan Mahasiswa Programstudi (HMP) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menyelenggarakan Seminar Nasional “Manajemen Berbasis Sekolah”, Senin (14/12) di Balairung Universitas.

Hadir sebagai pembicara Dr. JC. Tukiman Taruna, MS., Ph.D, Konsultan dari The United Nations Childrens Fund (UNICEF) untuk Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Jawa Tengah; Tri Budi dan Suwarto dari Sekolah Dasar (SD).

Dalam seminar ini diberikan pemaparan MBS secara teori dan penerapan MBS di SD. MBS sendiri baru dirancang pada tahun 1999 di Indonesia yang penerapannya secara rintisan dilakukan di 4 provinsi yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Selatan. Sampai saat ini, jumlah sekolah yang secara jelas telah menerapkan MBS ada sekitar 15.000 sekolah.

Menurut Tukiman Taruna, terdapat 3 pilar MBS yang terdiri dari manajemen kepala sekolah yang transparan, pembelajaran guru yang PAKEM (pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan) serta meningkatnya peran serta masyarakat.

Peserta seminar tersebut adalah mahasiswa dari beberapa fakultas di UKSW selain dari PGSD dan Guru SD di Salatiga dan sekitarnya. Berkenan membuka seminar tersebut Ketua Program Studi PGSD UKSW Prof. Drs. Nabisi Lapono, M.Pd.

Tidak ada komentar: