Halaman

Kamis, 15 Juli 2010

Pengintegrasian Programstudi di UKSW

Mulai bulan Juli 2010, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menerapkan pengintegrasian programstudi yang dilakukan dari Programstudi Pascasarjana (S2 dan S3) mono disiplin di Program Pascasarjana dan Programstudi Diploma III di Program Profesional ke Fakultas-fakultas dengan rincian sebagai berikut:
1. Programstudi Magister Manajemen dan Program Doktor Ilmu Manajemen ke Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
2. Programstudi Magister Akuntansi ke Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
3. Programstudi Magister Biologi ke Fakultas Biologi.
4. Programstudi Magister Hukum ke Fakultas Hukum
5. Programstudi Magister Manajemen Pendidikan ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
6. Programstudi Magister Psikologi ke Fakultas Psikologi
7. Programstudi Magister Sistem Informasi ke Fakultas Teknologi Informasi.
8. Programstudi Magister dan Doktor Sosiologi Agama ke Fakultas Teologi.
9. Programstudi Diploma III: Sekretari, Komputerisasi Akuntansi dan Manajemen Perusahaan ke Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
10. Programstudi Diploma III: Teknik Informatika, Usaha Perjalanan Wisata dan Public Relation ke Fakultas Teknologi Informasi.
11. Programstudi Diploma III Analis Kimia Industri ke Fakultas Sains dan Matematika.

Rektor UKSW Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D yang ditemui diruang kerjanya, Jumat (9/7) mengungkapkan bahwa pengintegrasian yang dilakukan tetap pada muara untuk meningkatkan kualitas pendidikan di UKSW. Secara garis besar, latar belakang dilakukan pengintegrasian adalah untuk pengembangan institusi dengan sistem multientri dan multiexit, pengembangan sumber daya manusia (Dosen) dalam bidang keahliannya dan efisiensi pengelolaan sarana, prasarana dan SDM.

John A. Titaley memaparkan bahwa multiexit dimaksudkan untuk mahasiswa S1 yang karena suatu hal tidak bisa meneruskan kuliahnya di S1, dapat pindah ke program DIII. Sedangkan multientri dimaksudkan untuk mahasiswa DIII yang mempunyai prestasi bisa pindah ke program S1. Sistem tersebut nantinya juga akan memudahkan mahasiswa S1 yang akan meneruskan ke jenjang S2 dalam satu fakultas.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengungkapkan bahwa Program Magister dan Doktor Studi Pembangunan tetap berdiri di pascasarjana karena sifatnya yang interdisipliner, sehingga tidak bisa integrasikan kedalam fakultas tertentu.

“Dengan pengintegrasian programstudi yang dilakukan tersebut, diharapkan programstudi menjadi lebih produktif dan nantinya betul-betul menjadi programstudi yang lebih bermutu,” ungkap John.

Programstudi Baru

Tahun ini, UKSW juga membuka 3 programstudi baru untuk jenjang S1 dan S2. Dijenjang S1 dibuka Programstudi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) yang merupakan programstudi di Fakultas Teknologi Informasi, dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang merupakan programstudi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Sedangkan dijenjang S2 dibuka Magister Akuntansi.
Rektor mengungkapkan bahwa programstudi yang baru dibuka merupakan suatu jawaban akan adanya kebutuhan di masyarakat. Khusus untuk programstudi PTIK dan Pendidikan Guru PAUD diharapkan dapat menjawab kebutuhan guru didua bidang tersebut.

Tidak ada komentar: