Halaman

Jumat, 09 Juli 2010

PLKR 2010

Bertempat di Balairung Universitas kampus hijau Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), pagi tadi, Jumat (9/8), digelar acara pembukaan Pembekalan Lembaga Kemahasiswaan Raya (PLKR) 2010. Acara tersebut resmi dibuka oleh Rektor UKSW Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D.

Pembantu Rektor III UKSW Yafet Y.W. Rissy, SH., M.Si., MLM dalam sambutannya mengharapkan melalui kegiatan ini pemahaman bersama tentang lembaga kemahasiswaan dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian, kedepan keseluruhan program dan proses berorganisasi, terutama untuk memperjuangkan aspirasi mahasiswa yang juga bagian dari sistem untuk mewujudkan visi misi UKSW dapat berjalan lebih baik.

Hal senada juga disampaikan oleh John A. Titaley. “Kami berharap kegiatan-kegiatan LK tetap dijalankan dalam kerangka visi misi UKSW,” kata John. Lebih lanjut, John mengharapkan agar fungsionaris yang mengikuti PLKR dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik sehingga nantinya dapat melayani, menjadi berkat bagi sesama mahasiswa UKSW dan juga belajar menjadi pemimpin yang tangguh dan bertanggung jawab. Acara pembukaan PLKR diawali dengan ibadah yang dipimpin Pdt. Wellem Sairwona, M.Th dari Campus Ministry UKSW.

Arah dan Kebijakan Universitas

Sesi pertama dalam PLKR 2010 mengangkat tema “Arah dan Kebijakan Universitas” yang disampaikan langsung oleh Rektor UKSW. Dalam pemaparannya, John A. Titaley mengungkapkan beberapa hal yang menjadi landasan kebijakan UKSW.

Yang pertama, kebijakan UKSW selalu berlandaskan pada visi misi UKSW. Kedua adalah kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah terhadap pendidikan tinggi, yang tidak bisa diabaikan karena kita menyelenggarakan pendidikan di UKSW dalam kerangka pembinaan yang diberikan pemerintah. Dan yang ketiga adalah tuntutan masyarakat agar para sarjana yang diluluskan dapat mengikuti lapangan kerja yang ada.

Dalam kesempatan tersebut, John mengungkapkan tugas utama sebuah universitas adalah menghasilkan ilmu pengetahuan yang bermakna dan berguna bagi kemanusiaan, serta menghasilkan para sarjana dan pemimpin yang berkualitas yang nantinya akan terjun ke masyarakat. Untuk melaksanakan tugas tersebut, universitas dipandu oleh Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Terkait dua tugas utama tersebut, pemerintah saat ini menekankan agar perguruan tinggi mengembangkan kegiatan penelitian.

“Dengan penelitian, kualitas pendidikan akan menjadi lebih baik, kita bisa menghasilkan ilmu pengetahuan yang berguna sekaligus sarjana yang berkualitas,” ungkapnya. Lebih lanjut, John mengungkapkan bahwa UKSW akan menjadi research university kedepan. Dibutuhkan waktu yang tidak pendek untuk mencapainya. tetapi diharapkan, dalam waktu empat tahun kedepan, para dosen telah memiliki etos kerja yang bukan hanya mengajar tetapi juga melakukan penelitian dan publikasi yang nantinya juga akan melibatkan mahasiswa dalam prosesnya.

Rektor juga mengungkapkan bahwa mahasiswa harus diberi kesempatan untuk belajar apa yang diinginkannya. Untuk itu dikemukakannya, kedepan direncanakan akan memberikan mahasiswa kesempatan lebih luas untuk mendapatkan kebebasan mempelajari hal-hal baru di fakultas lain, diluar fakultasnya bahkan mengambil beberapa mata kuliah di perguruan tinggi diluar negeri.

PLKR 2010 akan berlangsung selama 3 hari, hingga Minggu 11 Juli 2010. Dalam PLKR ini, peserta dibekali beberapa materi lain seperti Arah dan Kebijakan Universitas, Arah dan Kebijakan Pengembangan Mahasiswa, Fungsi dan Peran Lembaga Kemahasiswaan, Sejarah dan Dasar Filosofis UKSW dan Mekanisme Pembuatan Peraturan dalam LK.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Retno Utaminingsih, Koordinator Satgas PLKR 2010, acara ini diikuti 450 fungsionaris Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas, Senat Mahasiswa Fakultas dan Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas periode 2010-2011.

Tidak ada komentar: