Halaman

Rabu, 03 November 2010

UKSW Peduli Bencana

Sejumlah bencana alam yang terjadi di bumi Indonesia akhir-akhir ini telah mengundang keprihatinan banyak pihak. Mulai dari bencana banjir bandang di Wasior, meletusnya gunung Merapi hingga tsunami di Mentawai semua terjadi dalam selang waktu yang tidaklah lama. Indonesia berduka.

Sebagai salah satu wujud kepedulian, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) membentuk Satuan Tugas (Satgas) UKSW Peduli Bencana yang dikoordinir oleh Pusat Studi Bencana UKSW. Satgas ini nantinya akan mengkoordinir seluruh bantuan yang dikumpulkan oleh keluarga besar UKSW, baik berupa dana dan barang.

Bantuan dana dari civitas akademika UKSW, alumnus UKSW serta masyarakat umum dapat disalurkan melalui nomor rekening BNI 0205648993 atas nama David Samiyono, Ketua Pusat Studi Bencana UKSW. Selain dalam bentuk dana, Sekretariat UKSW Peduli Bencana juga menerima bantuan dalam bentuk barang seperti selimut, susu formula, makanan untuk bayi, masker, tikar dan lain sebagainya. Bantuan berupa barang dapat diserahkan ke Pos Satpam UKSW di Gedung Administrasi Pusat (GAP).

Pembantu Rektor III UKSW Yafet Y.W. Rissy, SH., M.Si., LLM mewakili Pimpinan UKSW menyatakan keprihatinan atas berbagai bencana yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Lebih lanjut Yafet menghimbau kepada seluruh civitas akademika UKSW dan pihak lainnya seperti alumnus UKSW untuk turut berbagi kasih dengan saudara-saudara kita yang tertimpa musibah bencana.

“Kami juga mengundang partisipasi dari elemen masyarakat lainnya seperti pengusaha dan masyarakat Salatiga khususnya,” lanjut Yafet. Seluruh bantuan yang diberikan akan diaudit oleh akuntan publik dan dipertanggungjawabkan.

Dr. David Samiyono memaparkan bahwa aksi penggalangan dana yang dikoordinir oleh UKSW Peduli Bencana telah dilakukan di sejumlah gereja Minggu kemarin (31/10). Mulai besok, sejumlah mahasiswa UKSW akan mengumpulkan dana dari beberapa elemen masyarakat dan instansi di Salatiga seperti pengusaha dan pedagang.

Penggalangan dana juga akan digelar di dalam kampus UKSW. “Kotak-kotak sumbangan akan diedarkan disemua unit dan fakultas di UKSW. Disetiap kelas juga akan disediakan kotak pengumpulan dana dari pagi hingga sore yang akan dikoordinir mahasiswa,” ungkap David.

Informasi selengkapnya kegiatan UKSW Peduli Bencana dapat menghubungi David Samiyono di nomor 08174174464 atau untuk pengumpulan bantuan berupa barang dapat menghubungi Budi Purwanto di nomor 085641185955.

Bentuk Kepedulian Lainnya

Berbagai aksi sebelumnya juga telah digelar civitas akademika UKSW sebagai wujud kepedulian. Sejak bulan lalu, berbagai aksi penggalangan dana digelar. Dalam Ibadah Senin yang diselenggarakan Campus Ministry UKSW diedarkan kantong persembahan khusus untuk bencana alam, mahasiswa UKSW yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Papua Barat (HIMPPAR) juga menggelar aksi penggalangan dana Wasior. Mahasiswa UKSW lainnya yang tergabung dalam gerakan Mahasiswa UKSW Peduli juga menggelar kegiatan serupa. Lembaga Kemahasiswaan (LK) UKSW juga bergerak dengan mengedarkan kotak-kotak sumbangan di kampus bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda beberapa hari lalu

Tidak ada komentar: