Halaman

Jumat, 11 Maret 2011

Menjadi Guru SD Bertaraf Internasional

Untuk menjadi seorang guru Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), diharapkan memiliki kemampuan penguasaan mata pelajaran, pedagogik, kepribadian dan sosial bertaraf internasiona,l dan memiliki kemampuan berkomunikasi secara internasional yang ditunjukkan dengan penguasaan satu bahasa asing. Hal tersebut diungkapkan oleh Prof. Dr. Slameto, M.Pd salah seorang Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dalam Seminar Nasional Menjadi Guru SD Yang Bertaraf Internasional yang digelar di kampus UKSW, Kamis (3/3).

Lebih lanjut diungkapkan Slameto, seorang guru SBI juga harus memiliki kemampuan menggunakan information and communication technology (ICT) mutakhir. Harapan akan seorang guru SBI tersebut didasarkan karena guru atau tenaga pendidik mempunyai peran besar dalam pelaksanaan SBI.

Selaian guru dan tenaga pendidik, Slameto juga mengungkapkan 6 pilar lainnya dalam membangun SBI, yaitu kurikulum, proses, budaya, output, sarana dan prasarana serta manajemen.

Kualifikasi guru sebagai salah satu pilar penting SBI juga diungkapkan oleh Dr. Kalaly Chu, P.hD., MME., BA (hons), Dosen Fakultas Bahasa dan Sastra dan Fakultas Seni Pertunjukan UKSW yang juga tampil sebagai pembicara dalam seminar tersebut. Pilar lain yang diungkapkan Kalaly adalah kurikulum yang dipakai dan fasilitas.

Disesi berikutnya, Kalaly Chu menyampaikan materi Bagaimana Menjadi Seorang Guru SD Masa Depan dan Standar Internasional. Dalam materinya, Kalaly memaparkan bahwa karakteristik guru yang baik adalah mengetahui subjek yang diajarkan, mencintai mengajar, menyukai dan mengetahui muridnya, bertanggungjawab dan disiplin.

Selain kedua pembicara diatas, seminar juga menghadirkan Hendricus Satrio Sambodo, S.S., MA dan Prasetyandaru Pirenantyo, S.Pd., M.Si Bethany School, salah satu sekolah bertaraf internasional yang berbagi penglaman seputar proses belajar dan manajemen sekolah.

Seminar tersebut diikuti setidaknya 250 mahasiswa baik dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UKSW dan sejumlah mahasiswa dari luar seperti dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka (UHAMKA), Jakarta.

Pembantu Rektor IV UKSW Dra. Martha Nandari S. Handoko, MA berkesempatan membuka secara resmi seminar yang juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr. Bambang S.Sulasmono.M.Si. Seminar tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) PGSD FKIP UKSW.

Tidak ada komentar: