Halaman

Kamis, 21 Januari 2010

Profil PR I UKSW

Penting, Penggunaan Teknologi Informasi Dalam KBMPenting, Penggunaan Teknologi Informasi Dalam KBM

Nama Prof. Ir. Daniel Manongga, M.Sc., Ph.D tidaklah asing lagi dilingkungan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Sudah lebih dari 30 tahun, Dosen yang salah satunya mengajar di Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKSW tersebut berkiprah di kampus ini.
Pembantu Rektor I yang menangani bidang akademik adalah salah satu tugas yang diembannya sekarang untuk 4 tahun ke depan. Bidang ini bukanlah bidang baru baginya, tahun 2001 hingga 2005 tugas PR I juga pernah dijabatnya.
Perjalanannya di Satya Wacana diawali dengan menjadi mahasiswa elektro tahun 1970. Aktif berkegiatan di lembaga kemahasiswaan juga dilakoninya. Pimpinan Badan Koordinasi Kemahasiswaan (sekarang dikenal dengan Senat Mahasiswa) dan sekeretaris bidang keilmuwan dan publikasi pernah dipegangnya.
Mengajar sejak tahun 1980, peraih gelar Master dalam teknologi informasi dari Department of Computer Science, Queen Mary College, University of London tahun 1989 juga pernah menjadi Dekan FTI UKSW periode 2005-2009. Selain itu, Danny juga aktif mengajar di Program Pascasarjana di UKSW.
Lebih meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di perguruan tinggi ini menjadi salah satu orientasinya. “Informasi pengetahuan yang berkembang cepat dan pentingnya penggunaan teknologi sekarang jadi alasannya,” ujar pria yang meraih Ph.D dari University of East Anglia, Norwich, England.
Pengembangan ke depan salah satunya adalah lebih memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat untuk proses belajar mengajar mahasiswa selain terus berupaya mendesain kurikulum yang memungkinkan mahasiswa bisa lebih longgar merencanakan sendiri perkuliahanya. Guru Besar dalam bidang ilmu komputer yang dikukuhkan pada 1 Desember 2009 yang lalu ini juga mengharapkan mahasiswa UKSW untuk lebih aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan selain juga belajar, untuk membentuk karakter yang takut akan Tuhan.

Tidak ada komentar: