Halaman

Selasa, 26 Januari 2010

Profil PR IV UKSW

"Membangun Kerjasama dengan Bahasa, Kejujuran dan Ketulusan"


Martha Nandari, MA, Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama Kelembagaan dan Internasionalisasai yang dilantik 30 November 2009 yang lalu, adalah dosen Fakultas bahasa dan Sastra UKSW sejak tahun 1985. Kariernya dimulai dari menjadi assisten dosen satu semester menjelang kelulusannya dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni (JPBS), nama FBS pada waktu masih berada di bawah payung FKIP dahulu.

Wanita asal Salatiga ini pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan II tahun 2003-2007. Gelar magister di bidang Applied Linguistics diperolehnya dari National University of Singapore pada tahun 2008. Kemudian Januari 2009 Martha diangkat sebagai Manajer Biro Promosi dan Hubungan Luar, yang merupakan salah satu devisi di bidang IV yang saat ini dipimpinnya.

Menurut Martha, program kerjasama yang menjadi prioritasnya tidak hanya berdasarkan prinsip mutual benefits saja namun sebagai institusi Kristen yang tidak berorientasi pada mencari keuntungan, UKSW juga harus hadir sebagai berkat bagi siapapun yang membutuhkannya.

Di era global ini, UKSW juga dituntut untuk semakin internasional. "Internasionalisasi perguruan tinggi adalah salah satu fokus program kerja saya," demikian tutur Martha. Walaupun banyak dosen UKSW sudah mendapatkan pengalaman internasional melalui studi di perguruan tinggi luar negeri, mengikuti seminar internasional, ataupun melalui program pertukaran dosen/ peneliti dengan institusi mitra di luar negeri, program internasional untuk mahasiswa belumlah banyak. "Pengalaman internasional harus juga dialami mahasiswa,"tegas Martha. Oleh karena itu program pertukaran mahasiswa bahkan sampai ke program mendapatkan dual degree dari universitas mitra di luar negeri akan sangat difasilitasi dan disupport oleh PR IV. Selanjutnya Martha menjelaskan bahwa suasana internasional harus juga dihadirkan di kampus di antaranya dengan menghadirkan dosen asing, dosen tamu, dan mahasioswa dari luar negeri baik untuk sekedar berkunjung, mengajar atau belajar di UKSW. Salah satunya melalui program PIBBI yang diharapkan dapat diperluas lagi jaringan kerjasamanya dengan universitas-universitas di luar negeri.

" Untuk membangun rapport dengan lembaga mitra, saya berpedoman pada 3 hal: bahasa, kejujuran dan ketulusan," kata Martha. " Untuk mendapatkan kepercayaan yang berkesinambungan dari pihak luar, kita harus jujur dan bersih," imbuhnya.

Tidak ada komentar: