Halaman

Senin, 22 Februari 2010

Math Is Fun

Matematika selama ini dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan, sulit, ribet oleh kebanyakan siswa. Hal itu karena matematika selalu berhubungan dengan angka dan rumus. Menemukan keindahan dalam matematika adalah salah satu cara mengatasinya.

Hal itulah yang disampaikan Novisita Ratu, S.Si., M.Pd, salah seorang pembicara dalam workshop Math Is Fun yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Jumat (19/2) di gedung E 123.

Menurut Novisita, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Hal itulah yang menjadi salah satu tantangan terbesar untuk para pengajar.
“Siswa akan merasa senang kalau bisa menerapkan perhitungan matematika saat melakukan aktivitas sehari-hari,” imbuhnya.

Workshop yang diikuti lebih dari 140 mahasiswa dan didominasi mahasiswa pendidikan Matematika FKIP tersebut juga menghadirkan Drs. Yusuf Maladi seorang Guru Matematika dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen 1 Salatiga.

Asti Sulistyaningrum dan Sakti Puri Sari, keduanya mahasiswi tingkat akhir dari Program Studi Pendidikan Matematika juga berkesempatan membagikan ilmunya dalam workshop yang juga diikuti mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang dan STIE AMA Salatiga.

Novisita juga menuturkan bahwa workshop diselenggarakan dengan harapan mahasiswa yang nantinya akan menjadi pengajar dapat menciptakan model-model pembelajaran matematika yang menarik bagi siswanya.

Tidak ada komentar: