Halaman

Jumat, 26 Februari 2010

Napak Tilas Mahasiswa Pendidikan Sejarah

Sebanyak 75 mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mengadakan kegiatan napak tilas dan sarasehan pada Sabtu (20/2).

Didampingi 3 dosen, yaitu Sunardi, S.Pd. M.Pd selaku Ketua Program Studi Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP UKSW, Dra. Emy Wuryani, M.Hum dan Drs. Iman Sudibyo; kegiatan diawali dengan mengunjungi Sendang Senjoyo.

Dari Mbah Jasmin juru kunci Sendang Senjoyo, mahasiswa berkesempatan mendengarkan asal-usul Sendang Senjoyo yang diambil dari nama salah satu tokoh kerajaan Medang Kawulan di Jawa Timur yaitu Raden Sanjaya. Kegiatan dilanjutkan dengan membersihkan mata air yang menjadi pemasok air minum di Salatiga dan sekitarnya tersebut.

Dusun Pete, Karang Asem di Kecamatan Pabelan menjadi tujuan selanjutnya. Ditempat ini mahasiswa menggelar sarasehan dengan Mbah Marto Suroto dan Mbah Sajuri; tokoh masyarakat desa setempat berkaitan dengan ritual Bendhe Nyai Tjeper yang biasa digelar pada hari raya Idul Fitri hari ke-2.

Menurut Sunardi, kegiatan napak tilas ini diadakan untuk melengkapi pengetahuan mahasiswa pendidikan sejarah selain yang selama ini telah didapatkan diperkuliahan. Beliau juga berharap kegiatan serupa bisa diselenggarakan lagi tahun depan di tempat yang berbeda.

Tidak ada komentar: