Halaman

Jumat, 21 Mei 2010

Catatan Akhir GBI 2010

Gebyar Budaya Indonesia (GBI) 2010 telah berakhir. Rangkaian acara yang berlangsung Senin hingga Kamis (10-13/5) tersebut ditutup dengan Pentas Seni Budaya di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Sebanyak 18 etnis ikut ambil bagian dalam GBI tahun ini. Minahasa, Ambon, Papua, Lampung, Batak Karo, Jawa, Batak Simangulun, Nias, Sangir, Palembang, Kalimantan, Batak Toba, Poso, Toraja, Bali, Halmahera, Sumba dan Ikatan Mahasiswa Timor (Ikmasti). Kehadiran mereka menjadi gambaran nyata keanekaragaman budaya yang ada di kampus UKSW dan mempertegas sebutan kampus Indonesia mini bagi UKSW.

100% Cinta Indonesia

Rangkaian kegiatan yang digelar dalam GBI 2010 mulai dari karnaval GBI, pentas wayang, lomba tari dan peragaan busana bagi siswa Sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dikemas dalam tema 100% Cinta Indonesia. Kecintaan akan budaya Indonesia semakin kental ditunjukkan dalam rangkaian acara kuliner etnis, tarian kolaborasi etnis, peragaan busana etnis dan pentas seni budaya yang semuanya digelar di Balairung Universitas.

Selain memupuk rasa cinta akan kebudayaan Indonesia dikalangan civitas akademika, rangkaian acara yang diselenggarakan juga untuk memberikan pesan perdamaian bagi Indonesia tercinta.

Hal senada juga diungkapkan Pembantu Rektor (PR) III UKSW Yafet Y.W. Rissy, SH., M.Si., LLM. “Semoga melalui kegiatan GBI ini, pesan untuk perdamaian, toleransi, saling menghargai bisa dihayati dan diamalkan dalam kehidupan bermahasiswa dan bermasyarakat,” kata Yafet Y.W. Rissy yang ditemui disela-sela acara pentas seni budaya, Kamis malam (13/5).

Ucapan Terimakasih

Rangkaian acara GBI UKSW yang berjalan lancar tidak lepas dari dukungan beberapa pihak selama penyelenggaraannya. Dalam kesempatan ini, PR III juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pimpinan Universitas, Pemerintah Kota Salatiga, Kapolres Salatiga AKBP Susetyo Cahyadi, M.Hum beserta jajarannya. Ucapan terima kasih juga disampaikan PR III kepada panitia GBI UKSW yang telah bekerja keras demi suksesnya rangkaian acara GBI 2010.

Ditemui kemarin (17/5), Inri A. Wonok ketua panitia GBI 2010 juga menyampaikan hal serupa. “Terima kasih kami sampaikan untuk semua teman-teman etnis yang telah berpartisipasi di seluruh rangkaian kegiatan GBI,” ucap Inri.

Tak lupa Inri mewakili panitia juga mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan Universitas, PR III yang telah memberikan dukungan penuh selama acara berlangsung; Pemerintah Kota Salatiga; Polres Salatiga; civitas akademika UKSW, Salatiga Carnival Centre (SCC) dan masyarakat Kota Salatiga serta para sponsor kegiatan yang telah mendukung acara GBI. Ucapan maaf atas kekurangan panitia terhadap segala yang terjadi selama penyelenggaraan GBI, disampaikan dengan tulus atas nama panitia oleh Inri kepada segenap pihak.

Lepas dari kekurangan dan kelebihan selama pelaksanaan Gebyar Budaya Indonesia tahun ini, satu hal yang menjadi catatan kita bersama adalah semangat untuk terus menjaga semangat 100% cinta Indonesia.

Tidak ada komentar: