Halaman

Rabu, 18 Agustus 2010

John A. Titaley: Selamat Datang di Kampus Indonesia Mini

“Saya atas nama seluruh civitas Universitas Kristen Satya Wacana mengucapkan selamat datang di kampus Indonesia mini UKSW” demikian diungkapkan Rektor UKSW Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D dalam sambutannya pada acara upacara Pembukaan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2010, pagi tadi, Senin (16/7).

Lebih lanjut John mengungkapkan, UKSW dikenal dengan kampus Indonesia mini karena mahasiswa dan para dosennya berasal dari pelosok tanah air.

“Inilah tempat yang baik bagi anda membentuk diri menjadi seorang sarjana dan juga seorang pemimpin. Kehadiran para Dekan pada pagi hari ini dan Ketua Program Studi adalah tanda bahwa kami seluruhnya menyambut kedatangan anda dengan penuh suka cita, dan siap bekerja bersama anda mencapai cita-cita anda,” sambung John.

OMB 2010 ini secara resmi dibuka Rektor UKSW dengan penyematan pin peserta OMB kepada 2 perwakilan mahasiswa yang dilanjutkan dengan pelepasan balon. Perwakilan mahasiswa yang menerima penyematan pin adalah Navy Dharma P dari Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dan Mira Hartini dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK).

Tema yang diangkat dalam OMB tahun ini adalah "Dengan Semangat Satya Wacana, Ku Jaga Sejuknya Salatigaku". Kegiatan OMB akan berlangsung hingga Kamis (19/8) dan akan dilanjutkan pada Sabtu (25/9) dengan kegiatan seperti penanaman dan adopsi pohon serta pawai budaya.

Kegiatan OMB

Selepas upacara pembukaan OMB yang digelar di lapangan UKSW, mahasiswa baru mengikuti acara pengenalan fakultas disejumlah ruang di kampus hijau UKSW. Materi hari pertama yang diberikan ke mahasiswa baru adalah pengenalan staf pengajar, visi dan misi fakultas, kurikulum, keuangan dan Lembaga Kemahasiswaan di aras fakultas; yang disampaikan dengan berbagai metode.

Fakultas Hukum (FH) yang menggelar kegiatan di gedung F menggunakan sejumlah permainan untuk meyampaikan materi seperti visi dan misi fakultas. "Dengan game, mahasiswa bisa lebih aktif dan lebih menangkap materi yang disampaikan," ungkap Indirani Bastian C, SH Koordinator Kemahasiswaan FH yang ditemui disela kegiatan.

Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) selain menyampaikan materi seperti diatas, juga mengundang orang tua atau wali mahasiswa baru FBS. Diharapkan orang tua juga mengetahui bagaimana sistem perkuliahan di FBS, bisa memotivasi putra-putrinya dan bisa menjaga komunikasi dengan pihak fakultas.

Dalam OMB tahun ini juga akan digelar temu alumni di sejumlah fakultas. Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) menggelar acara tersebut hari ini. Salah seorang alumni FPB yang hadir adalah Ayub Darmawan, yang merupakan senior sales manager PT Sarana Karyaputera Mandiri. Ayub merupakan salah satu alumni FPB angkatan tahun 1989.

”Kalian hadir disini merupakan sebuah proses,” kata Ayub didepan mahasiswa baru FPB. Menurut Ayub, seorang yang sukses adalah seorang yang berani berproses. Berkuliah di UKSW merupakan suatu proses yang sangat penting.

Fakultas lainnya juga menggelar kegiatan serupa di sejumlah tempat lainnya seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang menggelar kegiatan di Balairung Universitas, Fakultas Teologi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM) di gedung F dan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) di gedung baru FTI.

Sementara itu, kegiatan hari pertama juga digelar Fakultas Teknologi Informasi (FTI) di Lapangan Basket, Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) di Recital Hall, Fakultas Biologi dan Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) di gedung C, Fakultas Psikologi di gedung G, Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) di Perpustakaan Universitas lantai 2, Fakultas Sains dan Matematika (FSM) dan Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) di gedung A dan FIK di Aula STIBA Satya Wacana.

Kenapa UKSW?

Putra Setya Budi mahasiswa baru FKIP yang berasal dari Lampung Selatan mengatakan bahwa, ada satu nilai tambah ketika kuliah dan lulus dari UKSW. ” Kalau di Lampung, lulusan UKSW sangat dipercaya, dan menjadi prioritas dalam hal penerimaan pegawai” kata Putra. Dia sangat senang karena bisa berkuliah di UKSW yang terkenal dengan sebutan kampus Indonesia mini ini.

Lain halnya dengan Prikila Widya Kristanti, mahasiswa FTI yang akrab dipanggil Tanti ini, mengatakan telah lama bercita-citauntuk kuliah di UKSW. ”Aku sempat dengar, UKSW dikenal terbaik se-Asia Tenggara” kata mahasiswa asal Jepara ini. Dengan nama besar yang disandang UKSW seperti ini, yang membuat Tanti tertantang untuk kuliah di UKSW.

Tidak ada komentar: