Halaman

Jumat, 20 Agustus 2010

Kegiatan OMB Hari Ke-4 Kegiatan OMB Hari Ke-4

Berbagai kegiatan mengisi pelaksanaan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2010 di hari ke-4, Kamis (19/8). Tidak jauh berbeda dengan kemarin, mahasiswa baru diajak untuk mengenal berbagai fasilitas di kampus UKSW, serta kegiatan lainnya.

Mengenal PU

Salah satu fasilitas yang diperkenalkan kepada mahasiswa baru adalah Perpustakaan Universitas (PU). Di lantai 2 PU, mahasiswa baru diajak untuk mengenal fungsi berbagai ruang PU didampingi salah seorang pegawai, Gersin Sigilipo. Ruang Reserve salah satunya. Di ruang tersebut, mahasiswa diajarkan cara memanfaatkan koleksi buku PU untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Masih di lantai 2, mahasiswa jugadibekali cara mencari jurnal elektronik yang biasa dikenal dengan sebutan E-Journal.

Beranjak ke lantai 4, mahasiswa baru dikenalkan dengan Web OPAC. Web OPAC merupakan web yang memungkinkan mahasiswa dengan mudah mencari daftar buku yang ada di PU secara online. Mahasiswa juga diajarkan prosedur peminjaman, pengembalian dan perpanjangan buku. Berbagai fasilitas lainnya yang ada di PU juga dikenalkan kepada mahasiswa baru untuk menunjang kegiatan perkuliahan kedepan. Dalam OMB 2010, mahasiswa baru juga mendapat kesempatan untuk mempraktekan langsung Sistem Informasi Akademik Satya Wacana (Siasat) untuk registrasi mata kuliah.

Fajar Silviana, Mahasiswa baru Fakultas Teknologi Informasi (FTI) mengaku senang bisa mengenal PU dan menggunakan layanan Siasat. Serupa dengan Fajar, Andika Widi Setiawan, mahasiswa baru Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) juga merasa senang bisa mendapat pengetahuan cara menggunakan fasilitas yang ada di kampus. ”Ketika kuliah nanti, kita tidak kesusahan cari informasi lagi,” Imbuh Widi.

FH dan FISKOM Temu Alumni

Sama seperti kemarin, sejumlah fakultas juga menggelar temu alumni siang ini. Tiga alumni dihadirkan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (FISKOM). Mereka adalah Antok Yulianto yang saat ini berkarir di SCTV serta Ari Gunarso dan Partiwi Cristin Harnita yang sekarang bekerja sebagai makerting komunikasi di ProTV. Pengalaman ketiganya saat menempuh kuliah di FISKOM dibagikan kepada mahasiswa baru.

Acara yang sama juga dilaksanakan FH, di selasar lantai 4 gedung F. Hadir dalam acara tersebut, Setyo Pamungkas yang sekarang bekerja di Dinas Sosial tenaga kerja dan Transmigrasi Kota Salatiga, Giovani Raisa, salah satu staff Tata Usaha Sekda Salatiga, serta Dekan FH UKSW M. Haryanto yang merupakan alumni tahun 1976.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) juga menggelar temu alumni di Balairung Universitas. Salah seorang alumni yang hadir adalah Bambang Handoyo, Presiden Direktur Armada Finance dan CEO Hotel Laras Asri.

LK dan Kemahasiswaan

Mahasiswa baru Fakultas Teologi, Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) mengikuti sosialisasi Lembaga Kemahasiswaan di gedung E 123.

Hadir sebagai pemateri adalah Parman Pasanje Mantan Ketua Umum Badan Perwakilan Mahasiswa Universitas (BPMU) periode 2009-2010. “Sebagai mahasiswa kita mempunyai beban moral yang sangat besar terhadap masyarakat” demikian kata Parman Pasanje. Selain Parman, Fredy de Sausa dan Krisma Widi turut hadir sebagai pemateri.

Ditempat lain, Pembantu Rektor III UKSW Yafet Y.W. Rissy, SH., M.Si., LLM menyampaikan materi Kemahasiswaan di lapangan Basket. Dalam meteri yang disampaikannya, Yafet mengatakan bahwa, kedepan UKSW akan menjajaki dunia yang lebih luas. Untuk itu dia sangat berharap akan adanya kerjasama dari mahasiswa dan semua civitas akademika demi tercapainya visi misi UKSW.

Inagurasi

Sore ini akan digelar kegiatan Ibadah Penutupan dan Inagurasi mahasiswa baru di lapangan Sepakbola mulai pukul 16.00. Lentera Kasih dan tim dari FSP yang baru saja menyelesaikan lawatan budaya ke Thailand dan Singapura akan memeriahkan acara tersebut selain acara buka bersama.

Tidak ada komentar: