Halaman

Kamis, 05 November 2009

FKIP UKSW Jalin Kerjasama PSKG-DJ dengan Kabupaten Batang

Sabtu (31/10), bertempat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang telah diselenggarakan acara Pembukaan dan Kuliah Umum Sarjana Program Studi Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan (PSKG-DJ) S1 Pendidikan Guru Kelas Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Program ini merupakan kerjasama antara FKIP UKSW dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batang dalam rangka melaksanakan Keputusan Mendiknas No 15/P/2009 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara PSKG-DJ. Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian antara kedua belah pihak.

Hadir dalam acara ini Wakil Dekan FKIP UKSW Dra. Sri Muryani, MM mewakili Rektor UKSW, Ketua Program Studi PGSD Prof. Dr. Nabisi Lapono, MP.d dan Koordinator Program Herry Sanoto, S.Si., MP.d., Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Batang Supomo, SH., Kepala Bidang Pengembangan Pegawai Sudarmono, AS dan Dra. Aenun Mardhiyah Kepala Bidang Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Sebanyak 247 Guru Sekolah Dasar dari 13 kecamatan di Kabupaten Batang mengikuti program ini. Perkuliahan telah dirancang sesuai dengan pasal 5 Permendiknas No. 58/2008, yaitu melalui kegiatan tutorial tatap muka (pola residensial dan tutorial kunjung) serta kegiatan tutorial termediasi (tutorial online melalui tugas terinisiasi). Tutorial residensial oleh Tim Dosen FKIP UKSW dimulai hari ini, 5 November 2009 bertempat di 6 kelas yang telah ditentukan.

"Diharapkan melalui program ini dapat memberikan dampak pada proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan," kata Supomo, SH dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Batang. Ditambahkannya, program ini merupakan solusi yang tepat untuk peningkatan kualifikasi guru. Dengan kerjasama yang baik antara Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga dengan UKSW untuk menyelenggarakan PSKG-DJ yang merupakan pertama kali di Batang, diharapkan dapat berjalan dengan baik, lancar dan kualitasnya dapat terpenuhi.

Acara ditutup dengan kuliah umum oleh Prof. Dr. Nabisi Lapono, MP.d dengan tema "Pembelajaran yang Mendidik adalah Pembelajaran yang Menciptakan Kondisi yang Mendorong Peserta Didik Belajar Secara Aktif dan Mandiri".

PHK-Dikti dan lolos seleksi

Tahun 2009 ini, beberapa Program Studi (Progdi) FKIP berhasil memenangkan Program Hibah Kompetisi (PHK)-Dikti dan lolos seleksi untuk menyelenggarakan beberapa program pendidikan. Progdi PPKN dan S1 PGSD berhasil memenangkan PHK-DIA BERMUTU Tipe B untuk 3 tahun. PGSD juga telah memenangkan PHK Institusionalisasi Manajemen Berbasis Sekolah dan PHK Bahan Ajar Cetak.

Program Profesi Guru Pra Jabatan (PPG-DJ) untuk Progdi Bimbingan Konseling, Pendidikan Ekonomi dan PGSD juga telah lolos desk evaluation dari seleksi Proposal Penyelenggaraan Program Profesi Guru Pra Jabatan. Site visite oleh Tim Dikti telah dilaksanakan tanggal 2-3 Oktober 2009.

Untuk PGSD-PJJ juga telah dilakukan audit manajemen dan keuangan oleh Tim Audit Manajemen dan Keuangan Inspektorat Jenderal Depdiknas Jakarta pada tanggal 20-22 Oktober 2009. Sedang monitoring PGSD-PJJ dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2009.

Dra. Sri Muryani, MM mengungkapkan "Kedepan, dengan tuntutan profesionalitas guru, secara internal FKIP UKSW akan melakukan pembenahan baik secara organisational maupun juga perangkat-perangkat laboratorium pendukung guru profesional."

Tidak ada komentar: